Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Bangun Sinergitas Dan Soliditas, TNI - Polri Di Kabupaten Poso Siap Kawal Pemilu 2024

Kodim Poso , - Personel Kodim 1307/Poso mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Tinombala dalam rangka pengamanan pemilihan umum T...



Kodim Poso, - Personel Kodim 1307/Poso mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Tinombala dalam rangka pengamanan pemilihan umum Tahun 2024 di Kab. Poso yang di pimpin langsung oleh Kapolres Poso, AKBP Fara Sandhy, S.I.K.,M.I.K., bertempat di halaman Polres Poso, Jl. Pulau Sumatera, Kel. Gebangrejo, Kec. Poso Kota, Kab. Poso. Selasa (17/10/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Poso, AKBP Fara Sandhy, S.I.K.,M.I.K., Dandim 1307/Poso diwakili oleh Kasdim 1307/Poso, Mayor Inf. Ahmad Jayadi, Danyon 714/SM, Letkol Inf. Subekhi, Kajari Poso, Imam Sutopo, S.H.,M.H., Dandenzipur 15/SLM, Mayor CZI. Atep Sandi, Wadanyon B Pelopor Brimob Poso, AKP Setyo Wibowo, Dansub Denpom XIII/2-2 Poso, Kapten CPM. Khairul Sidik, Ketua KPU Kab. Poso, Muh. Ridwan Daeng Nusu, Ketua Bawaslu Kab. Poso, Helmi Mongi, M.Si., Kadis Sosial Kab. Poso, Farid Awad, S.E.,M.Si., dan peserta apel + 250 orang.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Kapolres Poso, AKBP Fara Sandhy, S.I.K.,M.I.K. mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras operasi mantap brata 2023-2024, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. Hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa ”tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita”. Ucap Kapolres.

Lebih Lanjut Kapolres Menyampaikan melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan pemilu 2024. Terlebih lagi, pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Oleh sebab itu, guna mengamankan pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, kementrian/lembaga, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar “Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024”. Operasi ini dilaksanakan selama selama 222 hari sejak 19 oktober 2023 sampai dengan 20 oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri juga memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani serta dilaksanakan diantaranya, agar meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga tugas pengamanan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua.

Laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan buddy system guna menjamin keselamatan personel, dengan memastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya, sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi.

Pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing, dan melakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima. Hal ini penting, mengingat operasi yang kita laksanakan cukup panjang dan pemilu 2024 dilakukan secara serentak.

Kedepankan komunikasi publik dan upaya Cooling System 2023-2024 untuk membangun narasi besar "Persatuan dan Kesatuan, serta Kemajuan Bangsa Diatas Kepentingan Kelompok" guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, dan isu SARA.

Tingkatkan sinergisitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi. Ucap Kapolres

Sebagai pusat kendali, koordinasi, komunikasi dan informasi (K3I), Operasi ini akan didukung oleh Command Center di tingkat Mabes Polri s.d Polda jajaran. Melalui dukungan sarpras modern dan berbagai fitur yang ada, diharapkan Command Center mampu mengintegrasikan data maupun informasi, sehingga seluruh personel pengamanan di lapangan dapat terorganisir secara terpadu dari pusat hingga daerah.

Operasi Mantap Brata 2023-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada Pemilu 2024.

Sementara itu di tempat terpisah, Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, S.H.,M.Hub.Int. melalui Kasdim 1307/Poso, Mayor Inf Ahmad Jayadi menjelaskan bahwa. Apel gelar pasukan tersebut dalam rangka pemeriksaan akhir kesiapan personel, alat, serta sarana dan prasaran yang digunakan Polri dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.

Lebih lanjut dirinya mengatakan. Dengan diadakannya Operasi Mantap Brata Tinombala 2023 -2024 ini diharapkan dapat tercipta keamanan, kelancaran dan ketertiban pada setiap tahapan Pemilu serentak tahun 2024, khususnya di wilayah Kabupaten Poso,” Ujarnya.

”Tujuan kita sama dan kami bekerja sama dengan Polri, yaitu memberikan keamanan dalam proses Pemilu 2024, dan saya berharap sinergitas yang telah dibangun dapat terus ditingkatkan terutama dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilu 2024,” ucap Kasdim.

Dandim berharap agar pelaksanaan tugas secara profesional dapat terus diterapkan sehingga dapat menangkal semua hal-hal yang dapat menodai proses demokrasi yang akan digelar pada 2024 mendatang,” pungkasnya. (Pendim_1307)

Tidak ada komentar