Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Kepala Bidang SDA PUPR Gelar Pertermuan, Ini yang di Bahas

SUARATIPIKOR.COM,SINJAI - Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Sinjai, A.Sarifuddin, ST., MT menggelar pertemuan di dua wilayah...


SUARATIPIKOR.COM,SINJAI - Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Sinjai, A.Sarifuddin, ST., MT menggelar pertemuan di dua wilayah, yang bertempat di kantor ranting sumber daya air wilayah Barat dan Wilayah Selatan, pada hari Rabu dan Hari Kamis Tanggal 7-8 Agustus 2019.
Kegiatan tersebut, memberikan pengarahan terkait tugas dan tanggungjawab petugas Penjaga Pintu Air (PPA) dan petugas Penjaga Pintu Bendungan (PPB) sekaligus mendengarkan permasalahan-permasalahan yang selama ini di hadapi dalam menjalankan tugasnya.

Kepala Bidang SDA PUPR A. Sarifuddin mengatakan bahwa sebagai ujung tombak pengelolaan sumber daya air di Kabupaten Sinjai petugas Penjaga Pintu Air (PPA) dan petugas  Penjaga Pintu Bendung (PPB) memiliki peran penting dalam pelayanan publik utamanya pada sektor pertanian, dimana tugas utamanya memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam mengatur pembagian air dan selain itu menjaga kebersihan saluran irigasi disekitar pintu pintu  air. 

Lebih lanjut Kabid SDA PUPR Petugas PPA dan PPB ini yang dikontrak pemerintah daerah setiap tahunnya dengan jumlah 60 orang ini menjaga pintu-pintu air sebanyak 160 daerah irigasi yg tersebar di seluruh kecamatan kecuali Sinjai Utara dan kecamatan Pulau Sembilan serta diluar kewenangan Kabupaten yaitu daerah irigasi Kalamisu, aparang satu dan aparang hulu yg nota bene kewenangan Provinsi. dengan jumlah daerah irigasi tersebut untuk memudahkan koordinasi maka dibentuk 2 ranting yaitu ranting barat dan ranting selatan. Jelas Andi Syarif. 

"Bahwa dalam menjalankan tugas terkadang tidak mengenal waktu disetiap saat siang dan malam hari karna di musim saat debit air sungai berkurang (kemarau) para pahlawan air ini berupaya mengatur dan membagi air masuk ke dalam petak petak sawah irigasi secara adil agar semua padi disawah  tidak gagal panen, terkadang pula tidak sedikit mendapatkan ancaman dari para petani bila tidak mendapatkan air utamanya di bagian hilir saluran irigasi".

Begitupula pada saat curah hujan tinggi mereka pun harus siap siaga membuka serta menutup pintu air di bendung agar kondisi saluran air agar tetap terjaga dan tidak merusak bangunan irigasi baik disiang hari maupun dimalam hingga dini hari dan tdk sedikit diantara mereka meminta senter, parang, sepatu boat dan baju anti hujan (jas hujan) ada pula yg meminta mesin sainshow untuk memotong pohon atau ranting batang yang jatuh menimpa bangunan dan saluran irigasi.

"Jumlah honor yg diberikan sebesar Rp. 350.000 setiap bulannya kepada PPA dan PPB selaku Kepala Bidang SDA berjanji memenuhi kebutuhan perlengkapan para petugasnya dalam menjalankan tugasnya dilapangan serta mendorong agar tetap bekerja dengan sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena sebagai motor penggerak pembangunan dan pelayanan publik dalam sektor pertanian harus dan wajib memberikan pelayanan terbaik dan turut mensukseskan pangan nasional khususnya diwilayah Kabupaten Sinjai, serta mewujudkan visi misi Bupati dalam pelayanan publik.

Setelah mendengarkan semua harapan para pelayan masyarakat ini Kabid SDA PUPR Sinjai ini berjanji akan memberikan reward kepada para petugas terbaik di masing-masing ranting sebagai motivasi kerja dalam menjalankan tugasnya, bila perlu kami akan memohon kepada Bapak Bupati untuk diberikan berupa piagam penghargaan bagi petugas terbaik di akhir tahun pada masa baktinya. Kata Kabid SDA. (Muh Rasyid)

Editor : Andi Aswin Maramat.

Tidak ada komentar