Rakornas ASPEKSINDO di Bali Kumpulkan Kepala Daerah dan Pesisir se Indonesia

Dilihat 0 kali 8/27/2019

BALI, Suaratipikor.com – ASPEKSINDO menggelar Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) dan Merayakan Hari Jadi ASPEKSINDO yang ke 2 tahun 2019 di Hotel Novotel Ngurah Rai Airport Bali. Acara dibuka oleh Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti RI Ali Ghufron Mukti.
“ASPEKSINDO memiliki Kewajiban untuk membangun SDM dibidang Kemaritiman, agar mampu mewujudkan Indonesia Unggul dibidang kemaritiman,” kata Ali Ghufron dalam sambutannya, Senin. (26/8/2019). Ali Ghufron berharap kepada ASPEKSINDO agar berperan lebih besar dalam memajukan dan mensejahterakan wilayah kepulauan dan pesisir Indonesia.

Ketua Umum ASPEKSINDO H. Abdul Gafur Mas’ud, menyampaikan bahwa ASPEKSINDO dibentuk agar mampu berikan kebaikan dan manfaat dalam masyarakat kepulauan dan pesisir indonesia.

“Di indonesia banyak memiliki potensi yang harus dikembangkan di daerah kepulauan dan pesisir indonesia agar mampu memberikan efek positif terhadap masyarakat kepulauan dan pesisir indonesia,” katanya saat memberikan sambutan.

Bupati Penajam Paser Utara ini juga mengajak anggota ASPEKSINDO untuk mampu memaksimalkan Fish on atau Rumpon untuk meningkatkan hasil perikanan dan Kelautan untuk wilayah pesisir di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Eksekutif ASPEKSINDO sekaligus Ketua Panitia Rakornas ASPEKSINDO, Andi Fajar Asti dalam sambutannya mendorong ASPEKSINDO untuk berkontribusi Aktif dalam meningkatkan perekonomian Masyarakat daerah kepulauan dan pesisir Indonesia.

Juga mengatakan kalau Rakornas Aspeksindo ini berlangsung dari tanggal 26 hingga 28 Agustus 2019 dengan mengangkat tema “Inovasi Maritim, Bangun Indonesia Unggul”.

“Rakornas ini diselenggarakan selama 3 hari, diisi dengan rangkaian acara berupa, seminar nasional, workshop, call for paper, kunjungan lapangan pengelolaan potensi maritim, dan acara intinya yakni rapat koordinasi nasional. Dalam menguatkan program-programnya, pada acara ini juga dilakukan pelantikan para koordinator wilayah Aspeksindo,” Jelasnya.

Juga dijelaskan kalau kegiatan ini termasuk membantu menyediakan peralatan penangkapan ikan yang efisien, berinvestasi dalam teknologi dan pengolahan makanan dari laut, serta membantu cold storage dan sistem mata rantai transportasinya, tutup Andi Fajar.

Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si  yang juga merupakan Wakil Ketua Bidang Pengelolaan Potensi Kelautan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Aspeksindo,  ketika kami konfirmasi ditempat terpisah menyampaikan agar lewat Aspeksindo dapat memaksimalkan potensi pesisir yang dimiliki.

"Kita memiliki sekitar 103 Km panjang laut yang kalau dikelola secara profesional dengan pendekatan 25 program nyata kita 5 tahun kedepan, saya optimis dapat meningkatkan potensi perekonomian kemaritiman yang belum kita sentuh secara maksimal selama ini," ungkap Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si.

"Saya juga sempat sampaikan di forum tersebut, agar Aspeksindo segera memanfaatkan audens dengan Presiden dalam waktu dekat ini dengan memaksimalkan program program dan memberikan prioritas bagi Pemerintah Daerah yang tergabung di Aspeksindo," Bupati Wajo menambahkan.

Turut Hadir dari Tetangga Negara perwakilan dari Pemerintahan BUMN Tiongkok, dalam sambutannya turut mengatakan bahwa Potensi Laut yang luas dan sumber daya laut yang sangat kaya, pengembangan sumber daya alam ini dapat membawa manfaat ekonomi yang lebih baik bagi para nelayan dan masyarakat. (*)

Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Andi Aswin Maramat.

Suaratipikor.com adalah sebuah situs berita yang menyajikan beragam informasi dan berita terbaru, yang mencakup politik, pendidikan, kriminal dalam dan luar negeri.

Related Posts

Previous
Next Post »