Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header Ad

Breaking News

latest

Unik...!! Camat Tallo Tunggangi Kuda Pacu Pada Puncak HUT ke-415 Kota Makassar

MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM - Puncak peringatan Hari Jadi Kota Makassar yang ke 415 Tahun berlangsung di tribun Karebosi, Rabu, 9 November 20...


MAKASSAR, SUARATIPIKOR.COM - Puncak peringatan Hari Jadi Kota Makassar yang ke 415 Tahun berlangsung di tribun Karebosi, Rabu, 9 November 2022 pukul 20.00 wita.

Terpantau sejumlah pejabat ikut hadir menyaksikan momentum bersejarah Kota Makassar. Ada Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, sejumlah anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, unsur Forkompinda Kota Makassar, Kepala SKPD, Camat, Lurah dan tokoh masyarakat. Hadir pula sejumlah Walikota, bupati dan Sekda se Sulawesi Selatan dan dari luar Sulawesi Selatan.

Berbagai atraksi juga ikut ditampilkan di hadapan para tamu undangan, diantaranya atraksi kuda pacu yang di tunggangi wanita berparas cantik. Kuda-kuda pacu terbaik ini sengaja di datangkan dari Kabupaten Jeneponto.

Yang lebih menarik perhatian para undangan yang hadir adalah barisan karnaval dari Kecamatan Tallo yang membawa kapal phinisi berukuran 2 x 0,5 meter yang bermuatan kurang lebih 400 butir telur dan Kaddo min'nya (sajian makanan khas maulid Nabi Muhammad SAW). Phinisi ini di gotong oleh 4 orang pemuda tangguh.

Sekedar diketahui,  tradisi setempat menyebutkan pinisi berasal dari nama sebuah kapal milik Raja Tallo, I Manyingrang Dg Makkilo. Terdapat dua kata yang mewakili penamaan tersebut, yakni picuru yang berarti 'contoh baik' dan binisi yang merupakan sejenis ikan kecil yang dikenal lincah dan tangguh.

Sehingga Kecamatan Tallo menampilkan ciri khas ini sebagai bentuk ketangguhan, keberanian, komitmen dan loyalitas kepada seorang pemimpin (Raja).

Usai melaksanakan karnaval, dibelakang panggung utama, Camat Tallo, Alamsyah Sahabuddin, S.STP, M.Si menyempatkan diri menunggangi kuda pacu mengelilingi separuh lapangan terbuka Karebosi. 

Hal itu juga memberikan gambaran bahwa sosok Alamsyah Sahabuddin merupakan pejabat yang memiliki jiwa perarung dalam menelurkan ide dan gagasan menuju Makassar dua kali tambah lebih baik.

Pewarta: Rusdi

Editor: R Damaris

Tidak ada komentar